Whatzap

Hai orang-orang mu'min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (QS Muhammad : 7).

Training of Takmir (ToT)


Biasanya kita sering sering denger ToT kepanjangan dari Training of Trainer, tapi ToT yang ada di SMANSA GENTENG bukan, tapi Training of Takmir. Pak Edi (Wakasis) sempat ngakak dengernya, gimana nggak, ‘T’ trakhir bukan Trainer tapi ‘Takmir’. “ana-ana wae arek-arek iki….” Kata Pak Edi, artinya ada aja anak-anak anak ini….


ToT diikuti oleh semua anggota takmir dan di luar anggota takmir yang berminat. Materi ToT sesuai dengan tujuan diselenggarakannya ToT, yaitu meliputi sejarah Takmir Masjid Al-Hidayah, aqidah, akhlaq, ESQ, keorganisasian, kemuslimahan. Selain itu, dalam ToT juga ada outbondnya lhooo….!. qiyamul lail juga nggak ketinggalan, meski waktu pelaksanaan ada aja yang ‘gugur’ alias kesirep alias ketiduran.
Materi-materi dalam kegiatan tersebut disampaikan oleh guru SMAN 1 GENTENG dan dari pihak luar. Diantaranya adalah Drs. H. Abdul Karim, Drs. H. Abdul Latief, Mr. Farid dan Mr. Yanto (Trainer ESQ), P. Makmun, dan Bu Ita.
Tema dari kegiatan ToT adalah “IMAN DAN ILMUKU TERWUJUD DALAM SYUKURKU.
Makna Singkat Tema
Meski kita hanya punya secuil iman dalam hati dan sedikit ilmu dalam otak, namun haruslah tetap kita syukuri. Bersyukur di sini tidak hanya sebatas ucapan alhamdulillah, namun juga dengan sikap dan tindakan kita.
Iman tidak hanya di hati, namun harus diimplementasikan (ciee sok ilmiah..baca:diamalkan) dalam kehidupan sehari-hari. Sedikit ilmu di otak tidak hanya untuk diingat dan dibayangkan, namun juga harus berguna bagi diri sendiri dan lingkungan. Jadi, iman dan ilmu yang kita miliki meski sedikit haruslah tetap kita syukuri dalam ucapan, sikap, dan tindakan. Coba kita ingat2, Allah pernah menginformasikan pada kita tentang syukur, bahwa Dia akan menambah nikmat (bisa berupa Iman, Ilmu, ide, segelas teh hangat, buku, pensil, pena, punya computer, bisa baca tulis, cinta, buanyak dehh) kepada hambanya yang bersyukur dengan nikmat serupa atau nikmat yang lainnya. Ingat, bersyukur bukan sekedar ucapan lhooo.
Punya otak normal, alhamdu…….? Lillah, nggak hanya itu doank, punya otak ya harus buat mikir, belajar, dll. Punya mata sehat, alhamdu….? Lillah buat apa aja hanyooo?, punya kaki & tangan buat apa? Punya telinga, mulut, lidah, buat apa? Apa hanya alhamdulillah. Punya waktu luang, apa hanya alhamdulillah. Punya otak cerdas, apa hanya alhamdulillah. Punya banyak buku yang udah lunas (he…he…) apa hanya alhamdulillah? I think, kita udah paham tentang syukur. And…… kalo udah paham tentang syukur apa juga hanya alhamdulillah. Ayoo kita semua syukuri dengan ucapan alhamdulillah, berdayakan sumberdaya yang ada, dan bersikap sesuai iman di hati dan ilmu yang ada di otak, meski hanya sedikit, pasti akan ditambah tuh iman dan ilmu (atau nikmat lainnya). Jangan sampek teori 100 praktek NOL BESAR.
Moga-moga kegiatan ToT dapat menjadi titik awal kita untuk mensyukuri nikmat Allah khususnya Imam dan Ilmu, sehingga kita dapat meraih kebahagiaan yang hakiki (sebenarnya).
Katanya singkat …. Tapi koq puanjang…

0 komentar:

Posting Komentar